Posted on

3 Tips Menghindari Pencurian Data, Mesti Tahu!

5 hacker berbahaya

Jakarta –

Tersebarnya data pengguna Tokopedia, dan sebelum itu BukaLapak, mengingatkan pentingnya keamanan di dunia maya. Ini 3 tips penting menjaga akun kita tetap aman.

Pakar keamanan internet dari Vaksincom, Alfons Tanujaya mengingatkan pengguna internet dari kejadian tersebarnya data akun pengguna Tokopedia. Ini bukan kejadian pertama, tahun lalu BukaLapak juga mengalaminya.

Untuk itu, netizen yang aktif melakukan jual beli online, e-banking, dan kegiatan lain yang melibatkan data privasi, harus proaktif melindungi dirinya sendiri. Apalagi, satu orang bisa memiliki banyak akun di setiap aplikasi.

Dihimpun detikINET, inilah 3 tips dari Alfons:

ilustrasi hacker atau peretas
1. Aktifkan Two Factor Authentication (TFA)

“Yang paling penting adalah wajib aktifkan two factor authentication (TFA),” kata Alfons.

Kalau terjadi pembobolan, akun kita tidak bisa diakses karena masih terlindungi dengan TFA. OTP atau one time password juga menjadi data yang vital untuk menjaga akun dan transaksi tetap aman.

Data semacam ini jangan pernah dikasih ke orang lain dalam kondisi apapun. Ingat!

2. Jangan pakai password yang sama

Hal kedua yang penting menurut Alfons, jangan pakai password yang sama di semua layanan. Nah ini tantangannya, karena makin banyak kita bikin akun, makin malas kita bikin password baru.

“Kalau satu jebol, jebol semua. Mesti bikin password yang beda-beda dan unik,” ujarnya.

Terkait kejadian data pengguna Tokopedia yang tersebar di dark web, Alfons menyarankan segera ganti password. Hal itu termasuk pada aplikasi lain yang memakasi password sama, mesti diganti juga.

Jika pusing dengan banyak password, Alfons menyarankan untuk memakai aplikasi password manager. Ada banyak pilihan aplikasi dan banyak yang gratis.
3. Pakai aplikasi password manager

“Dia akan kumpulkan dan encrypt jadi kita nggak perlu pusing,” kata Alfons.

Alfons mengatakan security adalah proses pembelajaran untuk semua orang, baik untuk developer, perusahaan teknologi maupun pengguna. Penyebaran data pengguna kerap terjadi di dunia.

“Makanya semua upaya untuk meningkatkan security harus kita dukung buat Indonesia. Kan dengan belajar kita malah jadi pintar,” pungkasnya.

sumber: https://inet.detik.com/

Posted on

4 LANGKAH SEDERHANA DALAM MELAKUKAN RISET PASAR

BusinessTeAM

Dalam bisnis, melakukan pemasaran atau marketing memang cukup penting agar produk bisa dikenal oleh segmen yang paling tepat, sebelum akhirnya terjual. Namun sebelum melakukan pemasaran, ada hal penting lain yang wajib anda lakukan agar bisnis anda bisa lebih maju. Hal penting tersebut adalah riset pasar. Melakukan kegiatan ini sebelum pemasaran sangat penting karena akan mempengaruhi aktivitas pemasaran anda. Riset ini bertujuan agar pemasaran anda nanti tidak sia-sia.

Dengan kata lain, riset ini akan membantu anda untuk mengetahui kondisi pasar. Anda akan mengetahui bagaimana masyarakat membutuhkan atau menginginkan produk yang anda tawarkan atau tidak. Hasil riset ini akan menjadi modal penting karena bisa anda gunakan sebagai strategi pemasaran di usaha anda.

omg

4 Cara Terbaik Dalam Melakukan Riset Pasar

Berikut ini ada 4 cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan riset. Langkah-langkah berikut bisa dikatakan cukup mudah namun bisa memberikan efek yang sangat baik untuk bisnis anda. Riset ini berguna untuk mengetahui perilaku pasar sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari riset ini dalam usaha anda. Oleh karena itu, langsung saja berikut ini 4 cara terbaik dalam melakukan riset.

  1. Lakukan Survey Pasar

Langkah pertama dalam melakukan riset adalah melakukan survey. Mengetahui kondisi pasar memang sangat penting dan anda bisa melakukan ini dengan cukup mudah. Untuk melakukan surver, anda bisa memberikan angket kuisioner ataupun wawancara langsung dengan masyarakat mengenai produk anda. Dengan melakukan survey ini, anda akan mengetahui tentang minat dan kebutuhan masyarakat saat ini.

  1. Amati Perkembangan Pasar

Selain itu, anda juga wajib mengamati perkembangan pasar dalam melakukan riset pasar. Perkembangan pasar pada dasarnya pasti akan berubah bersamaan dengan trend yang akan muncul. Hasil riset pada tahapan ini bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengeluarkan produk tertentu.

  1. Perhatikan Tingkat Persaingan Pasar

Anda juga wajib memperhatikan tingkat persaingan yang ada di pasar karena persaingan bisnis sudah tentu ada. Oleh karena itu, disini anda harus bisa mengimbangi dan jika anda sudah mengimbangi, anda bisa memikirkan cara supaya lebih unggul dari pesaing. Hal ini penting karena tentunya tidak ingin kan usaha ataupun produk usaha bisnis anda kalah ramai dipasar.

  1. Uji Coba Pasar

Sedangkan cara terakhir yang wajib anda lakukan dalam melakukan riset adalah uji coba pasar. Hal ini penting sebelum anda benar-benar mengeluarkan produk anda dikeluarkan di pasaran. Untuk uji coba mendapatkan customer, anda bisa melakukannya di warung-warung. Anda bisa memberikan sample di warung dan menanyakan respon dari produk buatan anda. Jika responnya kurang baik, maka anda bisa memperbaiki dan menyempurnakan produk anda sehingga produk tersebut sudah benar-benar diterima dan dicari oleh masyarakat.

Dengan melakukan langkah-langkah riset pasar tersebut diatas, tentunya anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Anda juga akan mendapatkan sasaran yang tepat dan hasil yang juga maksimal. Dengan demikian, riset ini memiliki peran yang sangat penting diatas promosi.

Promosi bisa dilakukan jika anda sudah mengetahui riset pada suatu masyarakat. Riset ini juga wajib anda lakukan secara up to date karena keinginan pasar bisa berubah tergantung dengan trend.

Dengan kata lain, saat berbisnis anda juga wajib melakukan inovasi agar produk benar-benar disukai oleh para konsumen. Informasi dari riset ini akan mempengaruhi bisnis anda kedepannya apakah akan sukses atau sebaliknya bisa gulung tikar. Oleh karena itu, lakukanlah riset ini dengan yang terbaik.

sumber: http://internetmarketing.co.id/

Posted on

TAKTIK BRANDING KILAT DENGAN SELEBGRAM MARKETING

selebgram

Selebgram marketing merupakan strategi yang terbilang mudah, murah, dan sangat efektif untuk branding produk Anda via InstagramBrand awareness bisa terdorong naik dan sekaligus menambah follower.

Dan siapa sangka, marketing melalui selebgram bahkan bisa digunakan sebagai channel untuk launching produk.

Taktik ini biasa disebut dengan influencer marketing. Menurut data StarNgage di tahun 2017 ini, 50% pengguna internet di Indonesia menggunakan Instagram, dan itu artinya 48 juta orang menggunakan platform sosmed Instagram.

Tidak hanya itu, 74% customer mengandalkan media sosial dalam mengambil keputusan membeli. Follower juga lebih engage (komunikatif) dengan akun seleb yang mereka follow dibandingkan dengan akun bisnis. Dengan menyesuaikan follower dari selebrita dengan target pasar, kita bisa “menembak” lebih tepat.

Hal inilah yang menghasilkan angka ROI cukup tinggi ketika kita menggunakan selebgram marketing untuk promosi produk dan brand kita di Instagram.

Begini Caranya Selebgram Marketing Bekerja

Dengan sekian puluh juta masyarakat Indonesia yang main IG setiap harinya, Instagram merupakan salah satu platform sosmed terbaik untuk brand bisa berkolaborasi dengan para influencer (mereka biasa kita panggil dengan sebutan selebgram).

Iklan yang dilakukan melalui para selebgram ini lumayan meruntuhkan wajah iklan tradisional. Customer langsung dikenalkan pada brand Anda melalui sumber yang lebih bisa dipercaya, dengan kata lain langsung melalui akun Instagram tokoh idola.

Proses Promosi Melalui Selebgram

Umumnya, proses pemasaran ini dimulai dari sebuah brand yang menghubungi selebgram, mengajak berkolaborasi. Selebgram yang dipilih juga tidak sembarangan. Brand harus riset terlebih dahulu dari segmen mana saja dan berapa follower yang dimiliki selebritis tersebut.

promosi produk via selebgram atau selebgram marketing
promosi produk via selebgram

Bentuk kerja samanya berbagai macam rupa. Mulai dari postingan Instagram model sponsor (endorse), postingan blog yang dipromosikan melalui sosial media, atau untuk jangka panjang sang selebgram bisa dikontrak sebagai brand ambassador.

Harga Selebgram

Semakin banyak follower yang dipunya biasanya semakin mahal biaya kerja sama ini. Tidak melulu dengan uang, model endorse juga kadang menerima barter postingan Instagram dengan produk yang dipromosikan.

Jadi Anda tidak harus punya budget besar untuk memanfaatkan kekuatan influencer marketing ini.

Baca Juga : Tips Menulis Caption Instagram Yang Kece Badai

Jika Anda punya produk yang bagus, cara komunikasi yang bersahabat, dan target demografi yang tepat, Anda bisa meracik sesuatu yang bisa menghasilkan win-win solution bagi brand Anda dan selebgram.

Menghubungi Selebgram Untuk Kerja Sama

Consumer di Indonesia cukup memperhatikan gerak-gerik artis yang mereka idolakan. Keputusan pembelian produk bisa terpengaruhi dari selebgram ini.

Kontak Profesional

kontak selebgram tertera di biografi akun
kontak selebgram untuk urusan bisnis tertera di biografi akun

Jika produk dan target pasar Anda cocok dipromosikan melalui selebgram. Anda bisa mulai mengontak mereka untuk bekerja sama. Sebenarnya tidak sulit menghubungi selebgram yang sudah terbiasa bekerja sama dengan brand untuk paid promote. Mereka biasa mencantumkan email atau kontak lain di biografi singkat Instagramnya dengan keterangan “Business Inquiries“.

Kontak Via Instagram

Fitur Instagram Direct
Instagram Direct

Jika tidak tertera kontaknya, Anda bisa mengirim pesan langsung melalui Instagram dengan menggunakan fitur Instagram Direct yang ada di dalamnya. Fitur yang diluncurkan tahun 2013 ini awalnya berfungsi sebagai wadah berbagi foto secara privat. Namun kita juga bisa menggunakannya untuk berkirim pesan.

Influencer Marketing Agency

Selain itu ada cara lain. Yaitu menggunakan jasa Agensi Influencer Marketing. Agensi seperti ini sudah terbiasa menjadi jembatan antara brand dan selebgram.

Kelebihan menggunakan servis agensi adalah mereka punya data beberapa selebgram yang ditangani. Agensi seharusnya bisa menganalisa siapa seleb yang cocok untuk berkolaborasi dengan brand kita. Mereka juga bisa membantu kita menyiapkan konten foto atau postingan yang sesuai dengan goal kita. Dan terlebih itu, mereka sudah punya paket harga yang akan ditawarkan, kita tinggal memilih mana sesuai dengan budget.

Kekurangannya sudah jelas, dengan menggunakan agensi berarti kita harus mengeluarkan biaya lebih banyak dibandingkan jika langsung menghubungi sang selebgram. Namun untuk kita yang tidak mengerti banyak soal ini, kita bisa terima jadi.

Sisanya kita tinggal berdiskusi dan negosiasi tentang konten posting, jadwal posting, dan harga. Setelah promosi jalan, kita bisa memonitor performa dan evaluasi taktik pemasaran ini.

Bagaimana, Anda tertarik menggunakan strategi selebgram marketing untuk branding yang lebih mudah dan murah?